RTD IDI BULUNGAN

Perawatan luka
1. Open fraktur  sumsum tulang keluar
2. Fase penyembuhan luka:
a. Inflamasi: sampai 5 hari
b. Proliferasi: sampai 3 minggu
c. Remodeling: sampai beberapa bulan/tahun
3. Jaringan lepas sampai dasar jangan dipaksa dijahit sampai rapat  pembuluh darah putus  nekrosis, didekatkan aja
4. Faktor2 yang mempengaruhi penyembuhan luka: penyakit dan obat2an
5. Steroid menghambat penyembuhan luka, diberi setelah hari ke-5 untuk mengurangi pembentukan jaringan parut
6. Hematom  aspirasi
7. Vitamin A memulihkan pengaruh cortison
8. Ulkus DM  debridement seluas mungkin
9. Prinsip perawatan luka:
a. Jaringan nekrotik  nekrotomi
b. Infeksi  antibiotik
c. Eksudat  absorben
10. Penyembuhan luka yang baik  moist
11. Luka basah  absorben dengan kasa kering
12. Luka kering  hidrogel
13. Granulasi  menghambat epitelialisasi, untuk hilangkan proses granulasi dengan albotil kompres
14. Madu  perbaikin filamen luka
15. Eksudat  iritasi luka  GV tiap hari, kalo eksudat sudah kurang bisa tiap 3-7 hari, makin sering GV, epitelialisasi terangkat
16. Rongga di luka  isi untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi
17. ECWA  perawatan luka modern utk ulkus gangren, dll

Trauma Thorax
1. Tension pneumothorax
2. Hematothorax
3. Tamponade jantung
4. Open pneumothorax
5. Flail chest
6. Simple pneumothorax
7. Kontusio paru  bisa jadi hematothorax kalo lisis
8. Cedera trakea dan bronkus
Prinsip penanganan: A B C
Empisema subkutis  insisi multiple di kulit, pasang WSD
Chest tube /WSD: utk hematothorax, efusi pleura, cegah tension pneumothorax
Tempat: ICS V-VI, anterior linea axillaris media
Cairan  ICS VI, tusuk ke arah bawah
Udara  ICS V, tusuk ke arah atas
Superior costa karena di bawahnya ada a,v,n
Ujung WSD harus selalu dalam air
Lihat undulasi/bubble, klo ga ada mungkin tersumbat
Permukaan cairan efusi cekung, abses datar
Metastasis paru:
1. Coined lesion, ukuran homogen  mamma
2. Coined lesion, ukuran heterogen  tiroid
3. Satu besar  sarkoma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s