NILAI DASAR KOMITMEN MUTU

 

  1. GAMBARAN UMUM
    1. mengidentifikasi dan mendeskripsikan fenomena empirik terkait efektivitas dan efisiensi kinerja PNS di lingkungan instansi tempat bekerja;
    2. mendeskripsikan karakteristik ideal dari tindakan yang efektif, efisien, inovatif, dan berorientasi mutu dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik;
    3. memberi contoh nyata pemberian layanan publik yang efektif, efisien, inovatif, dan berorientasi mutu;
    4. menjelaskan konsekuensi dari penyelenggaraan kerja yang tidak efektif dan tidak efisien;
    5. mendeskripsikan pentingnya mutu dalam layanan publik;
    6. mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai dasar orientasi mutu;
    7. memberi contoh upaya perbaikan mutu yang dapat dilakukan di tempat kerja, dengan merujuk pada nilai-nilai dasar orientasi mutu;
    8. mengidentifikasi dan menganalisis tahapan proses implementasi manajemen mutu dalam pelaksanaan tugas sebagai aparatur;
    9. mengidentifikasi tahapan pendekatan inovatif;
    10. mendeskripsikan implementasi pendekatan inovatif dalam penyelenggaraan pemerintahan;
    11. menganalisis berbagai upaya untuk meningkatkan produktivitas PNS sebagai aparatur penyelenggara pemerintahan;
    12. memberi contoh alternatif solusi untuk meningkatkan produktivitas kinerja aparatur dalam layanan publik.
  1. EFEKTIF EFISIEN
    1. Efektivitas organisasi berarti sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang ditetapkan.
    2. Berhasil mencapai apapun yang dikerjakannya
    3. Memberikan barang atau jasa yang dihargai oleh pelanggan.
    4. “Efisiensi organisasi adalah jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional.
    5. Efisiensi organisasi ditentukan oleh berapa banyak bahan baku, uang, dan manusia yang dibutuhkan untuk menghasilkan jumlah keluaran tertentu.
    6. Efisiensi dapat dihitung sebagai jumlah sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa
    7. Diukur dari ketepatan realisasi penggunaan sumberdaya;
    8. Bagaimana pekerjaan dlaksanakan;
    9. Ada atau tidak adanya pemborosan sumberdaya
    10. Penyalahgunaan alokasi;
    11. Penyimpangan prosedur
    12. Mekanisme yang keluar alur
Keterangan Efektivitas Efisiensi
Pengukuran Performans untuk mencapai target (rencana) mutu, kuantitas, ketepatan waktu dan alokasi sumberdaya, kepuasasn dan terpenuhinya kebutuhan pelanggan. Ketepatan realisasi penggunaan sumberdaya dan

bagaimana pekerjaan dilaksanakan hingga diketahui

ada atau tidak adanya pemborosan sumberdaya,

penyalahgunaan alokasi, penyimpangan prosedur

dan mekanisme yang ke luar alur

Karakteristik Utama pengukuran tingkat Ketercapaian target yang telah direncanakan, baik dilihat dari capaian jumlah maupun mutu hasil, sehingga dapat memberi kepuasan Penghematan biaya, waktu, tenaga dan pikiran

dalam menyelesaikan kegiatan

  1. INOVASI;
    1. Inovasi adalah melakukan perubahan atau menciptakan proses, produk, dan gagasan yang lebih efektif yang mendukung keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya.
    2. Inovasi diperlukan untuk menghasilkan pelayanan yang efektif dan efisien serta responsif sesuai kebutuhan masyarakat yang dinamis
    3. ASPEK INOVASI ;
  • Perubahan produk barang/jasa yang dihasilkan
  • Proses produksi
  • Nilai-nilai kelembagaan
  • Perubahan cara kerja
  • Teknologi yang digunakan
  • Layanan sistem manajemen
  • Minset orang dalam organisasi
  1. MUTU ;
  • Suatu kondisi dinamis berkaitan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang sesuai atau bahkan melebihi harapan konsumen atau pengguna
  • Mutu bergantung pada persepsi individual berdasarkan kesesuaian nilai yang terkandung didalamnya dg kebutuhan dan keinginannya tanpa kesalahan dan pemborosan
  1. TQM ;
  • Terdiri atas kegiatan perbaikan berkelanjutan yang melibatkan setiap orang dalam organisasi melaluiusaha yang terintegrasi secara total untuk meningkatkan kinerja pada setiap level organisasi.
  • TQM merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi .
  • 10 TQM ;
  • Menyusun program jangka panjang yg berbasis mutu
  • Membangun Mind set Pegawai terhadap budaya mutu
  • Mengembangkan budaya kerja berorientasi mutu
  • Mmeningkatkan mutu Proses berkelanjutan
  • Membangun Komitmen pegawai untuk Jangka Pandang
  • Membangun kerjasama kolegial antar pegawai yang dilandasi kejujuran dan kepercayaan
  • Memfokuskan kegiatan pada pelanggan internal dan eksternal
  • Beradaptasi dengan tuntutan perubahan
  • Menampilkan kinerja tanpa cacat (Zero-Waste), sejak memulai setiap pekerjaan (doing the right thing right first time and every time)
  • Fungsi pengawan secara efektif

    

  1. LAYANAN BERKWALITAS ;
  • Tangibel (Penampilan) : penampilan fisik dari sarana dan prasarana, pegawai, dan alat komunikasi
  • Reliability (Kehandalan) : Kemampuan dalam memberikan pelayanan yang dapat diandalkan dan akurat seperti yang dijanjikan.
  • Responsiveness ( Kepekaan ): Kemauan   untuk membantu pelanggan dan menyediakan pelayanan yang sebaik baiknya.
  • Competence ( Kompetensi ) : penguasaan atas keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan tugas penyediaan layanan
  • Courtesy ( kesopanan ): Kesopanan, sikap menghormati, dan keramahan
  • Credibility ( Dapat dipercaya ): Sifat dapat dipercaya, dan kejujuran pemberi layanan
  • Security (Keamanan) : Bebas dari segala ancaman bahaya dan berbagai resiko dalam layanan.
  • Acces (Akses) : Kemudahan untuk mendapatkan layanan dan melakukan kontak
  • Communication (Komunikasi) : Kemampuan mendengar keluhan pelanggan dan penyediaan informasi dengan bahasa yang mudah dimengerti.
  • Understanding the customer (Pemahaman pelanggan) : Kemampuan dan kemauan untuk memahami kebutuhan pelanggan.
  1. NILAI DASAR KOMITMEN MUTU;
  • Mengedepankan komitmen terhadap kepuasan custumer/clients;
  • Memberikan layanan yg menyentuh hati, (customers tetap setia)
  • Menghasikan product jasa yasa yg berkwalitas tinggi: tanpa cacat, kesalahan, dan tidak ada pemborosan
  • Beradaptasi dg perubahan, berdasr kebutuhan dan perkembangan teknologi
  • Menggunakan pendekatan ilmiah dan inovatif
  • Melakukan perbaikan berkelanjutan; Dklat, Pengembangan kreatif, Kolaborasi dan BM
  • Menyapa dan memberi salam
  • Ramah dan senyum manis
  • Cepat dan tepat waktu
  • Mendengar dengan sabar dan aktif
  • Penampilan yang rapi
  • Terangkan apa yg saudara lakukan
  • Jangan lupa mengucapkan terimakasih
  • Perlakukan teman sekerja seperti pelanggan
  • Mengingat nama pelanggan
  • Kepuasan pelanggan merupakan sarana kompetisi
  • Kepuasan pelanggan merupakan promosi terbaik
  • Kepuasan pelanggan merupakan aset terpenting
  • Kepuasan pelanggan menjamin pertumbuhan perkembangan perusahaan
  • Pelanggan makin kritis memilih produk/jasa
  • Pelanggan puas akan kembali
  • Pelanggan puas mudah memberikan referensi
  1. INTI NILAI DASAR DARI ASN ;

“memberikan layanan kepada publik secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna, berhasil guna, dan santun;”

  1. IKM ;
  • Prosedur pelayanan
  • Persyaratan pelayanan
  • Kejelasan petugas pelayanan
  • Kedisiplinan petugas pelayanan
  • Tanggung jawab petugas pelayanan
  • Kemampuan petugas pelayanan
  • Kecepatan Pelayanan
  • Keadilan mendapatkan pelayanan
  • Kesopanan dan keramahan petugas
  • Kewajaran biaya
  • Kepastian biaya pelayanan
  • Kepastian jadwal pelayanan
  • Kenyamanan lingkungan
  • Keamanan pelayanan
  1. TERIMA KASIH

One thought on “NILAI DASAR KOMITMEN MUTU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s